cara membuat setrum ikan nila

Selamat sore sob "para strumer mania", kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara membuat setrum ikan nila bertegangan tinggi dan mantap dengan menggunakan platina. Disini akan saya perjelas mengenai racikan resep untuk meneparkan ikan nila dengan menggunakan setrum ikan yang dirancang menggunakan sparpart kendaraan yang berupa platina motor maupun maupun mobil. Mungkin saja bagi anda yang mempunyai hoby menyetrum ikan mendengar strum ikan menggunakan platina akan menganggap sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi karena rata-rata setrum ikan yang di rancang adalah menggunakan platina walaupun sebagian lagi ada yang menggunakan setrum ikan type elektrik. Namun kali ini akan saya bagikan bagaimana racikan setrum platina menggunakan 1 buah accu dapat meneparkan ikan nila sebagaimana yang kita ketahui bahwa ikan nila tergolong jenis ikan yang sulit untuk di setrum karena mempunyai kecepatan, lincah dan bersisik rapat.

Membuat setrum ikan khususnya untuk ikan nila tidak seperti membuat setrum untuk ikan bader, lele maupun ikan gabus, karena jenis ikan-ikan tersebut sangatlah mudah untuk di teparkan dan hal itu berbeda dengan ikan nila. Adapun cara membuat setrum ikan nila menggunakan platina menurut perakitannya di bagi menjadi beberapa bagian dan yang paling penting adalah racikan untuk menghasilkan setrum ikan yang bagus dengan daya besar atau tinggi untuk melumpuhkan ikan nila. Selain untuk ikan nila juga bisa di gunakan untuk melumpuhkan ikan besar lainnya. Adapun untuk membuat setrum ikan nila menggunakan platina akan saya uraikan seperti di bawah ini.

Membuat Setrum Ikan Nila


Berbicara mengenai setrum ikan, banyak sekali jenis dan karakternya; namun kali ini yang akan kami bahas adalah setrum ikan nila menggunakan platina. Sejak dulu setrum platina merupakan salah satu setrum yang sangat umum di gunakan oleh kebanyakan orang untuk menangkap ikan. Namun dari berbagai setrum ikan nila yang menggunakan platina tersebut tentunya terdapat perbedaan dalam meraciknya sehingga ada sebagian setrum ikan yang hanya bisa untuk melumpuhkan ikan besar-besar saja atau ikan yang kecil-kecil saja karena daya yang di hasilkan dari perakitan setrum akan berdampak pada ikan yang akan di tangkapnya seprti halnya strum ikan yang di buat dengan satu koker atau satu sepuel. Namun untuk meraciknya menjadi setrum yang bertenaga besar atau tinggi perlu komposisi yang pas. Adapun cara membuatnya adalah dengan cara sebagai berikut:

Sebelum perakitan di lakukan terlebih dahulu bahan yang akan kita gunakan hendaknya harus terkumpul terlebih dahulu. Adapun bahan yang perlu di persiapkan antara lain:

Besi Kern


Besi kern I bisa di dapat dari toko elektronik dengan harga sekitar Rp1000 per biji. Besi kern dapat kita ambil dari trafo 10A-20A atau juga bisa kita menggunakan bahan-bahan seperti:
  1. Lempengan besi tipis/besi plat
  2. Jari-jari motor
  3. Kern I dari trafo 5A

Dari kern-kern di atas saya sarankan menggunakan kern I karena menghasilkan medan magnet lebih bagus di bandingkan jari-jari maupun potongan lempengan besi. Susunlah kern besi dengan lebar dan tinggi masing-masing 2 cm dengan panjang 12 cm.

Setelah kern i telah siap tersedia, kemudian buatlah susunan dengan tinggi 2 cm lalu bungkus dengan kertas trafo atau bisa juga dari bekas kertas semen atau dari bahan lain yang tidak mudah terbakar.

Buatlah koker yang di pasang pada kedua ujung kern tersebut untuk pembatas lilitan supaya lebih rapi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara membuat setrum ikan nila"

Posting Komentar